Bidang Layanan

  • Bidang Layanan mempunyai tugas melaksanaan sebagian tugas kepala dinas dalam menyusun bahan kebijakan teknis, menyiapkan rumusan bahan pelaksanaan kebijakan daerah, di bidang layanan e-government dan penyelenggaraan statistik sektoral;
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud ayat (1) Bidang Layanan melaksanakan fungsi :
    1. Pelaksanaan penyusunan dan pengembangan kebijakan teknis perencanaan dan program kerja pada bidang layanan;
    2. Pelaksanaan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang layanan;
    3. Pelaksanaan perencanaan, pembinaan pengembangan, pemberdayaan, pemantauan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan seksi layanan data center;
    4. Pelaksanaan penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup daerah seram bagian barat;
    5. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada bidang layanan; dan
    6. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Layanan Data Center melaksanakan tugas :
    1. Menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja layanan data center;
    2. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program kegiatan;
    3. Menyusun standar operasional prosedur dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di seksi layanan data center;
    4. Menyusun hasil pengumpulan pendapat masyarakat;
    5. Melaksanakan pengumpulan dan klasifikasi data informasi kebijakan;
    6. Merencanakan pengumpulan dan pengelolaan informasi publik
    7. Menganalisis pendokumentasian dan pengklasifikasian;
    8. Mengevaluasi penyediaan dan pengelolaan data center, disaster recovery center dan TIK pemerintah daerah;
    9. Memferifikasi hasil pengolahan dan penyediaan data dan informasi bagi seluruh perangkat daerah dan instansi lainnya;
    10. Mempromosikan keamanan informasi perangkat daerah dan instansi sesuai ketentuan yang berlaku;
    11. Merancang konsep pengembangan analisis kapasitas data sesuai ketentuan yang berlaku;
    12. Menyusun bahan kerjasama TIK antara pemerintah dengan non pemerintah bagi kepentingan penyelenggaraan smart city;
    13. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi pengamanan; dan
    14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi statistik melaksanakan tugas :
    1. Menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja seksi statistik;
    2. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program kegiatan;
    3. Menyusun standar operasional prosedur dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di seksi statistik;
    4. Menyusun metode survey dan petunjuk teknis pelaksanaan survey di daerah;
    5. Mengkoordinasikan kebutuhan survey dengan instansi terkait;
    6. Melaksanakan survey statistik di bidang sosial, ekonomi, politik, hukum dan HAM;
    7. Melaksanakan desiminasi hasil survey kepada masyarakat dan instansi pemerintah;
    8. Menyusun laporan akhir pelaksanaan survey di bidang sosial, ekonomi, politik, hukum dan HAM dalam bentuk dokument
    9. Mempresentasikan hasil survey di bidang ekonomi, politik, hukum dan HAM kepada pemerintah daerah;
    10. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi statistik; dan
    11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.