Bidang Pengelolaan dan Informasi

  • Bidang Pengelolaan dan Informasi mempunyai tugas melaksanaan sebagian tugas dinas yang meliputi perencanaan, pengembangan, penyiapan perumusan kebijakan teknis pengelolaan, opini, aspirasi publik, pendukung kebijakan nasional dan daerah;
  • Bidang Pengelolaan dan Informasi mempunyai fungsi :
    1. Pelaksanaan penyusunan dan pengembangan kebijakan teknis perencanaan dan program kerja pada bidang pengelolaan dan informasi;
    2. Pelaksanaan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang pengelolaan dan informasi;
    3. Pelaksanaan perencanaan, pembinaan, pengembangan, pemberdayaan, pemantauan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan seksi pengelolaan opini, aspirasi publik dan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    4. Pelaksanaan perencanaan, pembinaan, pengembangan, pemberdayaan, pemantauan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan seksi pengembangan dan penguatan akses intranet;
    5. Pelaksanaan perencanaan, pengendalian pelaksanaan kegiatan kemitraan informasi dan komunikasi publik;
    6. Pelaksanaan pengembangan kapasitas sumber daya manusia aparatur dan masyarakat di bidang e-Government;
    7. Perekomendasian nama domain dan sub domain bagi kepentingan seluruh perangkat daerah dan menyiapkan bahan pembentukan lembaga mitra komunikasi di daerah sesuai ketentuan yang berlaku;
    8. Perekomendasian hosting starup publik didaerah sesuai ketentuan yang berlaku;
    9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Bidang pengelolaan dan informasi; dan
    10. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Pengelolaan Opini, Aspirasi Publik dan Informasi Pendukung Kebijakan Nasional dan Daerah, mempunyai tugas :
    1. Menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja Seksi pengelolaan opini, aspirasi publik dan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    2. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program kegiatan
    3. Menyusun standar operasional prosedur pelayanan pengelolaan opini, aspirasi publik dan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    4. Menyiapkan bahan koordinasi pengelolaan opini, aspirasi publik dan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    5. Menyusun bahan dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik Seksi pengelolaan opini, aspirasi publik dan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    6. Membuat konsep pengolahan informasi/kebijakan nasional dan daerah berdasarkan prioritas tema kampanye;
    7. Membuat konsep pembuatan konten daerah berdasarkan prioritas tema kampanye;
    8. Merancang strategi komunikasi melalui media pemerintah daerah dan non pemerintah daerah;
    9. Membuat konsep dan menganalisis pengelolaan saluran komunikasi/media internal;
    10. Merencanakan pelaksanaan desiminasi informasi kebijakan melalui media pemda dan non pemda berdasarkan strategi komunikasi;
    11. Mengelola opini, aspirasi publik, pelayanan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    12. Menyelenggarakan bimbingan teknis dan suvervisi pengelolaan opini, aspirasi publik dan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    13. Melaksanakan pemantauan, evaluasi danpelaporan pengelolaan dan pelayanan informasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah;
    14. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas pada seksi pengelolaan opini, aspirasi publik dan informasi pendukung kebijakan nasional dan daerah;
    15. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Pengembangan dan Penguatan Akses Intranet:
    1. Menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan program kerja seksi pengembangan dan penguatan akses intranet;
    2. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program kegiatan;
    3. Menyusun standar operasional prosedur dan melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di seksi pengembangan dan penguatan akses intranet;
    4. Menyusun konsep pengembangan layanan portal kabupaten, menyiapkan bahan pembentukan lembaga mitra komunikasi di daerah sesuai ketentuan yang berlaku;
    5. Menganalisis nama domain dan sub domain bagi kepentingan seluruh perangkat daerah;
    6. Merancang system telekomunikasi bagi seluruh perangkat daerah dan instansi lain sesuai ketentuan yang berlaku;
    7. Merancang konsep pengembangan Aplikcation Program Interface (API) bagi kepentingan perangkat daerah dan instansi lain sesuai ketentuan yang berlaku;
    8. Melaksanakan pengembangan Aplikcation Program Interface (API) bagi kepentinganperangkat daerah dan instansi lain sesuai ketentuan yang berlaku;
    9. Menyusun bahan pengembangan kebijakan regulasi dan tata kelola e-Government sesuai ketentuan yang berlaku;
    10. Menyusun bahan pengembangan kapasitas sumber daya manusia aparatur dan masyarakat di bidang e-Government;
    11. Mengevaluasi penyediaan dan pengelolaan akses internet dan intranet bagi seluruh perangkat daerah sesuai ketentuan yang berlaku;
    12. Merencanakan keamanan informasi perangkat daerah;
    13. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanan tugas pada seksi pembinaan, pengawasan dan penyuluhan; dan
    14. Melaksanakan tugas kedinasasn lain yang diberikan oleh atasan.